EMANG PENTING BERWIRAUSAHA PAS MUDA? KUPAS TUNTAS PENTINGNYA BERWIRAUSAHA SELAGI MUDA

Oke gaesss sesuai judulnya kita mau ngebahas yang menyangkut tentang Ekonomi dan anak muda jaman now gue sebenernya bingung sih mau mulai dari mana nyampein informasi ini ke kalian mending kita mulai dari istilah "anak muda" versi gw yaa ANAK MUDA menurut gw adalah manusia manusia Indonesia yang umurnya berkisar 13 tahun dimana bocah umur 13 tahun udah lulus dari SD dan masuk ke masa Remaja yaitu di SMP sampai dengan umur 28 Tahun dimana orang orang tuh masih "produktif" di umur segitu (ini versi gw loh ya) tapi kebanyakan dari kita yang masuk ke golongan "anak muda" kurang paham nih dalam menyikapi perkembangan dunia bahkan perkembangan zaman. jujur aja lu lu pada masih pada males kan buat ke sekolah, kuliah, bahkan kerja tapi kalo kerjanya digaji harian baru deh lu pada rajin wkwkwkk tenang lu gak sendiri gw juga masih punya sifat malas itu. susah banget emang ilangnya sifat males ini. buat lo yang masih sekolah dan kuliah gw tau banget kalo uang jajan atau ongkos yang dikasih sama orangtua itu gapernah cukup kita selalu ngerasa kurang. jangan ngaku engga kalo lo masih jalan ke sekolah/kampus pas lagi libur biar dapet uang jajan wkwkwk. betapa enaknya kalo libur kita bilang k ortu mau main tanpa minta soalnya kita punya uang sendiri. bisa kok gaess makanya punya usaha sendiri! Kenapa sih guys penting banget berwirausaha selagi kita masih muda? ya soalnya kebutuhan lo lebih besar dari pemasukan lo. bener gak tuh? contohnya lu pengen beli sepatu Compas harganya 400ribuan yg baru rilis tuh tapi lu cuma punya uang 200ribu. ya ga akan kebeli tuh sepatu toh duit lu kurang kan. itu dia yg gw maksud "pengeluaran lebih besar dari pemasukan" "TAPI KAN BERWIRAUSAHA BUTUH MODAL BESAR" itu yang selalu gw denger dari kalian. lu punya kan temen yg julan pulsa? coba tanya modal dia berapa paling paling minimal 100rb buat saldonya, begitu juga temen lu udah disebut usaha ya "usaha pulsa". menurut gw usaha itu bukan soal modal nya kecil/gede, usaha bergengsi/standar, usaha kopi shop/baju, usaha dengan kios/toko online. selagi yg mau buka usaha itu ada kemauan dan mau memulai itu udah GOODDD banget Gw mau cerita dikit tentang usaha yg pernah gw lakoni dari kecil, pas gw SD gw udah mulai berjualan loh hahaha mungkin di blog selanjutnya gw ceritain soalnya ntar disini kepanjangan guys... "JADI UNTUNGNYA BERUSAHA ITU APA?" haduh klo ditanya soal untungnya ya udah pasti untungnya lu dapet uang dong. gak cuma uang sih, untungnya lo juga jadi orang yang lebih kreatif, berani mengambil keputusan, dan ga takut rugi. pokoknya saat lu berusaha itu rasanya hidup lu tuh kaya ada target gitu dan makin greget. lebay ga sih gw deskripsiin nya, tapi begitulah kenyataannya. "GW HARUS MULAI DARI MANA KALO MAU BUKA USAHA" lo harus mulai dari KEMAUAN. kemauan disini banyak ya "mau capek", "mau punya hasil", "mau kalahin ego sendiri". pokoknya kemauan adalah hal yang paling penting banget bercuma kalo lo udah kepengen banget atau ngiler bgt sama temen lu yg duluan punya usaha tapi lu ga ada kemauan buat memulai. Next.. lo fikirin deh usaha apa yang mau lu lakoni kalo bisa sih yang jangka panjang ya. jangan yg ikut ikutan aja. contoh sekarang lagi jaman kopi shop eh besok lu buka kopi shop taunya ga laku kopi shop lu akhirnya bangkrut, terus ada usaha tren lagi "jualan telor asin" lu ikutan jualan telor asin padahal seminggu kedepan orang orang udah gamau makan pake telor asin lagi maunya pake steak kan berabe wkwkkwk selanjutnya.. GAUSAH MALU, gausah malu kalo lo jualan sesuatu, mau lu jualan es di kantin juga gpp gausah malu. misalnya lu jualan es nih lu malu buat nawarinnya, ya ga bakal laku tuh es orang mulut lu aja kaga mau ngopmong buat nawarin ke orang haduuhhh. udah ya mulai sekarang kita jadi orang "yang ga tau malu" aja ehhehe udah sekian itu aja yg mau gw infoin ke lu pada. Intinya jaman sekarang kebutuhan makin meningkat, rupiah terhadap dolar makin lemah. kalo mau hidup senang pas tua ya kudu capek pas lagi muda semangatt semoga bermanfaat ya tulisan gw kali ini. jangan lupa tinggalkan jejak komen okeee:)

Comments